clock

Jumat, 07 Oktober 2011

Sejarah Perkembangan Internet

  Sejarah Perkembangan Internet :

Internet Berasal dari sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel yang membentuk sebuah jaringan(network).
Tahun 1969, Internet mulai dikembangkan dengan nama ARPANET oleh departemen pertahanan Amerika. Dengan maksud dan tujuan membuat jaringan tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang diperkirakan rawan untuk di hancurkan bila ada perang.
Tahun 1977, Lebih dari 100 komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPANET. Sebagian besar berada di universitas. Hubungan ini sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi
awal tahun 1980, ARPANET dibagi 2 yaitu ARPANET dan MILNET. Keduanya dapat berkomunikasi & berhubungan. Jaringan Interkoneksi ini disebet DARPANET.ARPANET digantikan dengan NFSNET

Internet pada awalnya merupakan jaringan komputer sederhana yang digunakan untuk departemen pertahanan amerika pada tahun 1969 dengan nama ARPANET. ARPANET dibuat dengan tujuan membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang diperkirakan rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan.

Pada tahun 1977, lebih dari seratus komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPANET yang sebagian besar berada di universitas yang dimanfaatkan oleh dosen-dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi. Pada awal tahun 1980-an, ARPANET dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet merupakan jaringan militer, dimana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi tetap dapat berjalan. Jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut Internet. Internet hanya bisa diakses dengan komputer mini dan mainframe.

Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, Internet dapat diakses melalui PC dengan menggunakan protokol TCP/IP dengan penggunaan DNS (Domain Name System). Pada tahun 1986, dibentuk NSFNET (National Science Foundation Network), NSFNET mulai menggantikan ARPAnet.
Tokoh-tokoh yang berhubungan dengan perkembangan komputer dan internet:

    1. Timothy Berners Lee pencipta WWW (World Wide Web)

 

Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 56 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.






    2. Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat surat e-mail

Raymond Samuel Tomlinson (born 1941, Amsterdam, New York) is a programmer who implemented an email system in 1971 on the ARPANET. Email had been previously sent on other networks such as AUTODIN and PLATO. It was the first system able to send mail between users on different hosts connected to the ARPAnet. (Previously, mail could be sent only to others who used the same computer.) To achieve this, he used the @ sign to separate the user from their machine, which has been used in email addresses ever since.




   3. Charles Babbage 

Charles Babbage (lahir 26 Desember 1791 – meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun) adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya, namun tidak selesai. Sekarang dapat dilihat di Museum Sains London. Pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan



Perangkat Jaringan Internet :

Infrastruktur WAN (Wide Area Network)

Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :

  • Router
  • ATM Switch
  • Modem and CSU/DSU
  • Communication Server
  • Multiplexer
  • X.25/Frame Relay Switches

Router

router.gifRouter adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

Switch ATM

atmswitch.gifSwitch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

Modem (modulator / demodulator)

modem.gifModem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)

CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

Multiplexer

infotypes.gifSebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

Communication Server

Communication Server adalah server khusus “dial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

Switch X.25 / Frame Relay

Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

Lokal dan Internet Spesifikasi :

Jaringan LAN adalah istilah kebanyakan orang indonesia yang maksudnya adalah Jaringan Wilayah Lokal atau dalam bahasa inggris LAN (Lokal Area Network), yaitu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, warnet, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat hub atau switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
 D-LINK DFE-580TX
SPESIFIKASI :
- 4 Port UTP
- 10/100 Mbps
- Auto-sensing,
- 32 bit PCI (Bus Master)
- PnP
      - Server NIC
 
Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah LAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur LAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :
  • Repeater
  • Bridge
  • Hub
  • Switche
  • Router
Repeater/Penguat
Repeater, bekerja pada layer fisik jaringan, menguatkan sinyal dan mengirimkan dari satu repeater ke repeater lain. Repeater tidak merubah informasi yang ditransmisikan dan repeater tidak dapat memfilter informasi. Repeater hanya berfungsi membantu menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak, sehingga sinyal dapat ditransmisikan ke jarak yang lebih jauh.
Hub
hub.gifHub menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Hub adalah repeater dengan jumlah port banyak (multiport repeater). Hub tidak mampu menentukan tujuan; Hub hanya mentrasmisikan sinyal ke setiap line yang terkoneksi dengannya, menggunakan mode half-duplex.
Bridge
bridge.gifBridge adalah “intelligent repeater”. Bridge menguatkan sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Brigde mampu menentukan tujuan.


Switch
ethernetswitch.gifSwitch menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti hub. Perbedaannya adalah switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dan mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik.


Router
router.gifRouter adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.









Alat dan Tokoh Penciptanya :
Amos Joel Jr (penemu Hub) yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, memang diakui dunia sebagai pakar di bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai karier selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching.

Joel—yang tahun ini masuk dalam National Inventors Hall of Fame—tutup usia Sabtu, 25 Oktober, di rumahnya di Maplewood, New Jersey, dalam usia 90 tahun.








Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia
http://clinford.blogspot.com/ 
http://id.wikipedia.org/wiki/Tim_Berners-Lee 
http://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage 
http://mudji.net/press/?p=101
http://blogesupri.blogspot.com/2010/12/jaringan-lan.html 
http://mudji.net/press/?p=94

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar